وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ
رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلاَ تــَـعْدُ عَيْنَاكَ
عَنْهُمْ
“Dan bersabarlah kamu bersama-sama
dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan
mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka
(karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti
orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti
hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” [QS. Al-Kahfi: 28]
Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan sbb:
وقوله "واصبر نفسك مع الذين يدعون
ربهم بالغداة والعشي يريدون وجهه" أي اجلس مع الذين يذكرون الله ويهللونه ويحمدونه
ويسبحونه ويكبرونه ويسألونه بكرة وعشيًا من عباد الله سواء كانوا فقراء أو أغنياء أو
أقوياء أو ضعفاء يقال إنها نزلت في أشراف قريش حين طلبوا من النبي صلى الله عليه وسلم
أن يجلس معهم وحده ولا يجالسهم بضعفاء أصحابه كبلال وعمار وصهيب وخباب وابن مسعود وليفرد
أولئك بمجلس على حدة فنهاه الله عن ذلك
Firman Alloh: “Dan bersabarlah kamu
bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari
dengan mengharap keridaan-Nya” yakni duduk bersama org yg berdzikir, bertahlil,
bertahmid bertasbih, bertakbir dan bermohon kpd Alloh di waktu pagi dan sore
dari hamba Alloh baik yg fakir atau kaya, yg kuat atau yg lemah. Dikatakan
sesungguhnya ayat ini turun berkenaan dgn pembesar2 Quraisy yg menghendaki agar
Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam duduk bersama mereka saja dan tdk duduk
bersama mereka org2 yg lemah dari para sahabat seperti Bilal bin Rabah, Ammar
bin Yasir, Suhaib, Khabbab dan Ibnu Mas’ud. Dan agar supaya mereka dibuatkan
majlis khusus [tdk bercampur dgn mereka pembesar Quraisy-pent], maka Alloh
melarang perbuatan itu.
وأخرج ابن جرير والطبراني وابن مردويه،
عن عبد الرحمن بن سهل بن حنيف قال: نزلت على رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو في بعض
أبياته {واصبر نفسك مع الذين يدعون ربهم بالغداة والعشي} فخرج يلتمسهم فوجد قوما يذكرون
الله، فيهم ثائر الرأس وجاف الجلد وذو الثوب الواحد، فلما رآهم جلس معهم وقال:
"الحمد لله الذي جعل في أمتي من أمري أن أصبر نفسي معهم".
وأخرج البزار عن بي هريرة وأبي سعيد قالا:
جاء رسول الله صلى الله عليه وسلم رجل يقرأ سورة الحجر وسورة الكهف، فسكت فقال رسول
الله صلى الله عليه وسلم: "هذا المجلس الذي أمرت أن أصبر نفسي معهم".
Dari ‘Abd al-Rahman bin Sahl bin
Hanif, ia berkata: Pada suatu saat, ketika Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa
sallam berada di salah satu rumahnya, turunlah ayat kepada beliau, yang
ertinya: “Dan bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Tuhannya pada
pagi dan senja hari dengan mengharap keredhaan-Nya.” (Surah al-Kahfi: 28), Maka
setelah menerima wahyu itu, Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam keluar untuk
mencari orang-orang yang dimaksudkan dalam ayat tersebut. Kemudian beliau
menjumpai sekelompok orang yang sedang sibuk berzikir. Di anatara mereka ada
yang rambutnya tidak teratur dan kulitnya kering, dan ada yang hanya memakai
sehelai kain. Ketika Rasulullah s.a.w. melihat mereka, beliau pun duduk bersama
mereka dan bersabda, yang artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah
menciptakan di antara umatku orang-orang yang mernyebabkan aku diperintahkan
duduk bersama mereka.” (HR. Thabrani, Ibn Jarir dan Ibn Mardawaih)
Dari Abu Hurairah ra. dan Abi Sa’id
ra. berkata, Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam datang disaat seorang
laki-laki membaca surat Al-Hijr dan Al-Kahfi. Maka Rosululloh terdiam lalu
bersabda, “Inilah majelis yg aku diperintahkan agar bersabar berkumpul bersama
mereka [majelis dzikir-pent].” [HR. Al-Bazzar]
- (2675) حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، وَزُهَيْرُ
بْنُ حَرْبٍ - وَاللَّفْظُ لِقُتَيْبَةَ - قَالَا: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الْأَعْمَشِ،
عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَقُولُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: «أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي،
وَأَنَا مَعَهُ حِينَ يَذْكُرُنِي، إِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ، ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي،
وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلَإٍ، ذَكَرْتُهُ فِي مَلَإٍ هُمْ خَيْرٌ مِنْهُمْ، وَإِنْ
تَقَرَّبَ مِنِّي شِبْرًا، تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَيَّ
ذِرَاعًا، تَقَرَّبْتُ مِنْهُ بَاعًا، وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً»
[روه مسلم]
.........Dari Abu Hurairah ra., ia
berkata: Rasulullah saw. bersabda: Allah Taala berfirman: Aku sesuai dengan
persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia
mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan
mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jema’ah
manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih
baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan
mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya
sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang
kepadanya dengan berlari. (HR. Muslim (2675/4832)
وعن أبي هريرة قال قَالَ رَسُوْل اللهِ
صَلًَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمََ: إن لله ملائكة يطوفون في الطرق يلتمسون أهل الذكر
فإذا وجدوا قوما يذكرون الله عز وجل تنادوا هلموا إلى حاجتكم قال فيحفونهم بأجنحتهم
إلى السماء الدنيا قال فيسألهم ربهم وهو أعلم منهم ما يقول عبادي قال يقولون يسبحونك
ويكبرونك ويحمدونك ويمجدونك قال فيقول عز وجل هل رأوني قال فيقولون لا والله ما رأوك
قال فيقول كيف لو رأوني قال يقولون لو رأوك كانوا أشد لك عبادة وأشد لك تمجيدا وأكثر
لك تسبيحا قال فيقول فما يسألوني قال يسألونك الجنة قال يقول وهل رأوها قال فيقولون
لا والله يا رب ما رأوها قال يقول فكيف لو رأوها قال يقولون كانوا أشد عليها حرصا وأشد
لها طلبا وأعظم فيها رغبة قال فمم يتعوذون قال يقولون من النار قال يقول وهل رأوها
قال فيقولون لا والله يا رب ما رأوها قال يقول فكيف لو رأوها قال يقولون كانوا أشد
منها فرارا وأشد لها مخافة قال فيقول فأشهدكم أني قد غفرت لهم قال يقول ملك من الملائكة
فيهم فلان ليس منهم إنما جاء لحاجة قال فيقول الله تعالى هم الجلساء لا يشقى زبهم جليسهم.
[رواه البخاري ومسلم والترمذي]
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata,
Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah mempunyai malaikat
yang berterbangan di seluruh pelusuk bumi untuk mencari dan menulis amal baik
manusia. Apabila mereka menjumpai sekumpulan manusia berzikir kepada Allah lalu
mereka menyeru sesama mereka: “Marilah ke sini, kita telah menemui apa yang
kita cari.” Lantas mereka datang berduyun-duyun sambil menghamparkan sayap menaungi
orang-orang yang sedang berdzikir itu.
Selepas itu lalu Allah bertanya
kepada para malaikat, “Apakah yang sedang dilakukan hamba-hamba-Ku itu ketika
kamu meninggalkan mereka?” Malaikat menjawab, “Mereka di dalam keadaan memuji,
mengagungkan dan bertasbih kepada-Mu wahai Allah.” Allah bertanya lagi, “Adakah
mereka itu pernah melihat-Ku?” Jawab malaikat, “Tidak pernah!” Allah terus
bertanya, “Bagaimana sekiranya mereka melihatKu?” Jawab malaikat, “Jika mereka
melihat-Mu, nescaya akan bersangatanlah mereka mengagungkan, bertasbih dan
bertahmid kepada-Mu ya Allah.”
Allah bertanya lagi, “Mereka memohon
perlindungan-Ku daripada apa?” Malaikat menjawab, “Daripada neraka.” Allah
bertanya, “Adakah mereka pernah melihat neraka?” Jawab malaikat, “Tidak pernah!”
Allah bertanya, “Bagaimana sekiranya mereka dapat melihat neraka?” Malaikat
menjawab, “Mereka akan lari sejauh-jauhnya dari neraka kerana ketakutan.” Allah
bertanya, “Apakah permintaan mereka?” Malaikat menjawab, “Mereka meminta
daripadaMu syurga.” Allah bertanya, “Adakah mereka pernah melihat syurga?”
Jawab malaikat, “Tidak pernah.” Allah bertanya, “Bagaimana sekiranya mereka
dapat melihat syurga?” Malaikat menjawab, “Mereka sangat haloba untuk
memperolehinya,” Lalu Allah berkata, “Sesungguhnya aku bersaksi, bahawa aku
telah mengampunkan mereka.”
Para malaikat bertanya pula, “Wahai
Allah! Seseorang telah datang ke dalam kumpulan ini dan dia tidak bercita-cita
untuk menjadi sebahagian daripada mereka.” Allah menjawab, “Mereka ini adalah
segolongan manusia yang tidak menyakiti orang yang menyertai mereka.” (HR.
Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)
- (3375) - - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا
زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ، عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ، أَنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ شَرَائِعَ
الإِسْلَامِ قَدْ كَثُرَتْ عَلَيَّ، فَأَخْبِرْنِي بِشَيْءٍ أَتَشَبَّثُ بِهِ، قَالَ:
«لَا يَزَالُ لِسَانُكَ رَطْبًا مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ» : «هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ
مِنْ هَذَا الوَجْهِ» [روه الترمذى] [حكم الألباني] : صحيح
......Dari Abdulloh bin Yasar ra.
Sesungguhnya seorang lelaki berkata: Ya Rosulalloh, sesungguhnya syaria’at
islam sungguh sangatlah banyak menurutku, maka kabarkanlah kepadaku sesuatu yg
simpel. Rosul bersabda, “Basahilah selalu lisanmu dgn berdzikir kpd Alloh.”
[HR. Tirmidzhi hadits hasan ghorib yg dishohihkan Al-Bani]
) -3378 (- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ:
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي
إِسْحَاقَ، عَنْ الأَغَرِّ أَبِي مُسْلِمٍ، أَنَّهُ شَهِدَ عَلَى أَبِي هُرَيْرَةَ،
وَأَبِي سَعِيدٍ الخُدْرِيِّ، أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «مَا مِنْ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا حَفَّتْ
بِهِمُ المَلَائِكَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ،
وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ» . حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ يَعْقُوبَ قَالَ:
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ،
قَالَ: سَمِعْتُ الأَغَرَّ أَبَا مُسْلِمٍ، قَالَ: أَشْهَدُ عَلَى أَبِي سَعِيدٍ، وَأَبِي
هُرَيْرَةَ، أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَذَكَرَ مِثْلَهُ. هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ [روه الترمذى] [حكم الألباني] : صحيح
.......Dari Abu Hurairah ra dan Abu
Sa’id Al-Khudzri ra. Sesungguhnya keduanya bersaksi atas sabda Rosululloh
Shollallohu ‘alaihi wa sallam, sesungguhnya beliau bersabda, “Tidaklah duduk
sekelompok org yg berdzikir kpd Alloh kecuali mereka dikelilingi oleh para malaikat,
dianegerahi rohmat. Diberikan ketenteraman serta senantiasa diingat
[diperhatikan dan dibanggakan-pent] oleh Alloh dihadapan para
malaikat-Nya.”............. [HR. Muslim dan Tirmidzi hadits hasan shohih dan
dishohihkan Al-Bani]
Dzikir dgn suara jahr [keras] menurut
al-Qur’an, Hadits dan para ulama
وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا
وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ
الْغَافِلِينَ
“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam
hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan
suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang
lalai.” [QS. Al.A’raaf: 205]
قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ
أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلا تَجْهَرْ بِصَلاتِكَ وَلا تُخَافِتْ
بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلا
“Katakanlah: "Serulah Allah atau
serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al
asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu
dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di
antara kedua itu" [QS. Al-Israa’: 110]
Tafsir Jalalain menjelaskan [QS.
Al.A’raaf: 205] sbb:
(واذكر ربك في نفسك) أي سراً (تضرعاً) تذللاً
(وخيفةً) خوفاً منه (و) فوق السر (دون الجهر من القول) أي قصداً بينهما (بالغدو والآصال)
أوائل النهار وأواخره (ولا تكن من الغافلين) عن ذكر الله
(Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam
hatimu) yakni sirr (dengan merendahkan diri) merendah (dan rasa takut) takut
dari siksa-Nya (dan) diatas sirr [suara lirih] (tidak mengeraskan suara) yakni
antara pelan dan keras [sedang] (di waktu pagi dan petang) pagi dan sore hari
(dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua
itu) dari mengingat Alloh [berdzikir].
Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan [QS.
Al-Israa’: 110] sbb:
وقوله "ولا تجهر بصلاتك" الآية.
قال الإمام أحمد حدثنا هشيم حدثنا أبو بشر عن سعيد بن جبير عن ابن عباس قال نزلت هذه
الآية ورسول الله صلى الله عليه وسلم متوار بمكة "ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها"
قال كان إذا صلى بأصحابه رفع صوته بالقرآن فلما سمع ذلك المشركون سبوا القرآن وسبوا
من أنزله ومن جاء به قال: فقال الله تعالى لنبيه صلى الله عليه وسلم "ولا تجهر
بصلاتك" أي بقراءتك فيسمع المشركون فيسبون القرآن "ولا تخافت بها" عن
أصحابك فلا تسمعهم القرآن حتى يأخذوه عنك "وابتغ بين ذلك سبيلا" أخرجاه في
الصحيحين
Dan firman Alloh, “dan janganlah kamu
mengeraskan suaramu dalam shalatmu” Imam Ahmad berkata, Hasyim dan Abu Basyar
berkata kepadaku dari Sa’id bin Jabir dari Ibnu Abbas ra. berkata, “Turun ini
ayat sewaktu Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam berada di Makkah. “dan
janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula
merendahkannya,” Ibnu Abbas berkata, “ Adalah ketika Rosululloh Shollallohu
‘alaihi wa sallam sholat bersama sahabatnya mengeraskan suaranya dalam membaca
ayat al-Qur’an. Maka ketika hal itu didengar org2 musyrik mereka mencaci
al-Qur’an, mencaci org yg diturunkan al-Qur’an [Nabi], dan yg menurunkannya
[Alloh]. Ibnu Abbas berkata, “ Maka Alloh berfirman kpd Nabi-Nya Shollallohu
‘alaihi wa sallam “dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu” yakni
bacaan al-Quranmu didengar org2 musyrik dan mereka mencacinya. “dan janganlah
pula merendahkannya” dari sahabat2mu sehingga mereka tdk mendengar bacaan
al-Quran sehingga mereka bisa mengambil pelajaran darimu. “dan carilah jalan
tengah di antara kedua itu" [ suara sedang-pent] [HR. Bukhari Muslim]
اختلف الفقهاء في رفع الصوت بالذكر بعد
الصلاة ، فمنهم من ذهب إلى أنه سنة ، ومنهم من كره ذلك وقال : إن النبي صلى الله عليه
وسلم لم يداوم عليه وإنما فعله للتعليم ثم تركه .
عن أبي معبد مولى ابن عباس أن ابن عباس
رضي الله عنهما أخبره أن رفع الصوت بالذكر حين ينصرف الناس من المكتوبة كان على عهد
النبي صلى الله عليه وسلم ، وقال ابن عباس : كنت أعلم إذا انصرفوا بذلك إذا سمعته
. رواه البخاري ( 805 ) ومسلم ( 583 )
Ulama fikih berbeda pendapat tentang
mengeraskan suara berdzikir selapas sholat. Sebagian mereka ada yg menganggap
itu sunnah, dan sebagian memakruhkan hal itu dgn perkataan, “Sesungguhnya Nabi
Shollallohu ‘alaihi wa salllam tdk melakukannya terus menerus, sesungguhnya
Rosul melakukannya hanya unt mengajari dan kemudian meninggalkannya.
Dari Ma’bad majikan Ibnu Abbas
sesungguhnya Ibnu Abbas ra.. mengabarkan keduanya tentang mengeraskan suara dgn
dzikir selepas org2 selesai sholat maktubah [sholat lima waktu] sudah ada
semasa Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam. Dan Ibnu Abbas ra berkata, “Aku
lebih mengetahui ketika mereka selesai sholat sehingga aku mendengarnya.” [HR.
Bukhari (805) Muslim (583)]
فممن ذهب إلى رفع الصوت بالذكر بعد الصلاة
: الطبري وابن حزم وشيخ الإسلام وغيرهم .وممن ذهب إلى أن ذلك كان للتعليم : الشافعي
والجمهور .
قال الشافعي رحمه الله : " وأختار
للإمام والمأموم أن يذكر الله بعد الانصراف من الصلاة ، ويخفيان الذكر إلا أن يكون
إماماً يجب أن يُتعلم منه فيجهر حتى يرى أنه قد تُعلم منه ، ثم يسر ؛ فإن الله عز وجل
يقول ( ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها ) يعنى – والله تعالى أعلم - : الدعاء ، ( ولا
تجهر ) ترفع ، ( ولا تخافت ) حتى لا تُسمع نفسك .
وذكرتْ أم سلمة مكثه ولم تذكر جهراً ، وأحسبه
لم يمكث إلا ليذكر ذكراً غير جهر " انتهى من "الأم" (1 /127)
.
وقال ابن حزم رحمه الله : " ورفع الصوت
بالتكبير إثر كل صلاة حسن " انتهى من "المحلى" (3 /180)
.
Diantara ulama yg sepakat dgn
mengeraskan suara dlm berdzikir selesai sholat adalah Ath-Thobari, Ibnu Hazm,
Syaikhul islam Ibnu Taimiyah dan yg lainnya. Dan ulama yg sepakat bhw suara
keras itu hanya unt mengajarkan adalah Imam Syafi’i dan jumhur ulama.
Imam Syafi’i berkata rohimahulloh:
Dan yg terpilih untuk imam dan makmum adalah agar berdzikir kpd Alloh setelah
selesai sholat, dan merendahkan suara dlm berdzikir kecuali imam ingin agar
diketahui [diikuti makmum] maka mengeraskannya sehingga diketahui apa yg telah
diajarkan, kemudian tdk memperdengarkannya. Karena sesungguhnya Alloh ‘Azza wa
Jalla berfirman (dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan
janganlah pula merendahkannya) yakni Alloh Ta’ala lbh mengetahui do’a (dan
janganlah kamu mengeraskan) meninggikan suara (dan janganlah pula
merendahkannya) sehingga dirimu sendiri tdk mendengar.
Ummu Salamah menyebutkan bhw Rosul
berdiam dan tdk berdzikir dgn suara keras, dan menyangkanya Rosul tdk diam
[bersuara] kecuali unt memperingatkan bahwa dzikir itu tdk dgn suara keras.
[Al-Uum 1/127]
Ibnu Hazm rohimahulloh berkata,
“Mengeraskan suara kalimat takbir selesai sholat adalah perbuatan baik
[Al-Mahalli 3/180]
ونقل البهوتي في "كشاف القناع"
(1/366) عن شيخ الإسلام ابن تيمية استحباب الجهر : " ( قال الشيخ [أي ابن تيمية]
: ويستحب الجهر بالتسبيح والتحميد والتكبير عقب كل صلاة " .
وسئل الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه
الله عن حكم المسألة فأجاب :
" الجهر بالذكر بعد الصلوات المكتوبة سنة
، دل عليها ما رواه الإمام أحمد وأبو داود . وفي الصحيحين من حديث المغيرة بن شعبة
رضي الله عنه قال : سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول إذا قضى الصلاة : ( لا إله
إلا الله وحده لا شريك له ..) الحديث . ولا يُسمع القول إلا إذا جهر به القائل
.
وقد اختار الجهر بذلك شيخ الإسلام ابن تيمية
رحمه الله وجماعة من السلف والخلف ، لحديثي ابن عباس ، والمغيرة رضي الله عنهم . والجهر
عام في كل ذكر مشروع بعد الصلاة سواء كان تهليلا ، أو تسبيحا ، أو تكبيرا ، أو تحميدا
لعموم حديث ابن عباس ، ولم يرد عن النبي صلى الله عليه وسلم التفريق بين التهليل وغيره
بل جاء في حديث ابن عباس أنهم يعرفون انقضاء صلاة النبي صلى الله عليه وسلم بالتكبير
، وبهذا يُعرف الرد على من قال لا جهر في التسبيح والتحميد والتكبير
.
Al-Bahuti mengatakan dlm “Kasyaf
Al-Qana’” (1/366) dari Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah menyukai dzikir jahr...”
Syeikh Ibnu Taimiyah berkata, “Dan disukai bersuara kera dlm bertasbih,
bertahmid dan bertakbir selesai sholat.”
Syeikh Muhammad bin Sholih
Al-Utsaimin ditanya tentang hukum suatu pertanyaan [tentang dzikir] maka
menjawabnya: “Dzikir dgn suara keras selepas sholat maktubah hukumnya sunnah,
petunjuk akan kesunnahannya adalah hadits yg diriwayatkan Imam Ahmad dan Abu
Daud dalam hadits shohihnya dari hadits Al-Mughiroh bin Syu’bah ra. berkata:
Aku mendengar dari Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika selesai
sholat (Laa ilaaha illalloh wahdahu laa syarika lah) Al-Hadits. Dan tdk bisa
didengar itu ucapan kecuali ketika dikeraskan suara org yg mengucapkannya.”
Dan sungguh telah memilih dgn suara
keras Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahulloh dan jama’ah ulama’ salaf dan
kholaf, karena hadits Ibnu Abbas ra. dari Al-Mughiroh bin Syu’bah ra. Dan suara
keras dlm berdzikir yg disyari’atkan itu bersifat umum sesudah sholat [wajib
atau sunnat] sama saja itu tahlil, tasbih, takbiratau tahmid unt keumuman
hadits dari Ibnu Abbas ra. yg tdk tertolak dari hadits Nabi Shollallohu ‘alaihi
wa sallam dgn membedakan antara tahlil dan yg lainnya, tetapi telah datang
hadits dari Ibnu Abbas ra. sesungguhnya mereka [sahabat] mengetahui selesainya
sholat Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam dgn kalimat takbir, dan dgn ini
diketahui penolakan terhadap org yg mengatakan bhw tasbih, tahmid dan takbir
tdk dgn suara keras.
وقال رحمه الله : " فالمهم أن القول
الراجح : أنه يسن الذكر أدبار الصلوات على الوجه المشروع ، وأنه يسن الجهر به أيضا
- أعني رفع الصوت - ولا يكون رفعا مزعجا فإن هذا لا ينبغي ، ولهذا لما رفع الناس أصواتهم
بالذكر في عهد الرسول عليه الصلاة والسلام في قفولهم من خيبر قال : ( أيها الناس ،
أربعوا على أنفسكم ) ، فالمقصود بالرفع ، الرفع الذي لا يكون فيه مشقة وإزعاج
" انتهى من "مجموع فتاوى الشيخ ابن عثيمين" (13/247، 261)
Maka Syeikh Muhammad bin Sholih
Al-Utsaimin rohimahulloh berkata: “Maka sesungguhnya qaul [hujjah] yg rojih
[kuat dan terpilih] adalah disunnahkan berdzikir selepas sholat lima waktu
sesuai yg disyari’atkan, dan jg disunnahkan mengeraskannya, -aku maksudkan
mengangkat suara [sedang]- dan tdk dgn suara yg terlalu keras itu tdk baik,
karena hal ini ketika org2 mengeraskan suara dlm berdzikir dimasa Rosululloh
Shollallohu ‘alaihi wa sallam waktu perjumpaan mereka di bukit khoibar Nabi bersabda,
“Wahai manusia, pelankanlah [tahanlah] diri kalian.” Maka yg dimaksud [tidak]
dgn suara keras, mengeraskan suara yg tdk diperlukan krn tdk ada halangan.
[Majmu’ Fatawa Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin 13/247-261]. Wallohu a’lam bish-Showab
—
By : Ibnu Masud
Subhanalloh, blognya bagus banget, I like it hehehe.....sy mau belajar biar ga gaptek, hikz
ReplyDeletekeras nya suara dalam berzikir,bukan berarti kita menganggap allah itu tuli.tapi ambil faedah dari keras itu untuk maanusia baik islam atau non islam.
ReplyDelete1.dgn suara keras mengajarkan kepada saudara
2.mana tahu dgn kita berzikir keras meyejukkan hati mereka non muslim
3.lebih syiar nya nuansa islami.
4.niat nya tetap mardhotillah.
5.allah tidak marah kok antum marah.
6.antum memvonis salah/bid`ah/musyrik/neraka.sedangkan allah belum.
7.kalau begitu antum aja jadi tuhan